Apel Gelar Pasukan Tanda Dimulainya Operasi Patuh Candi 2023 di Purbalingga

PURBALINGGA || jerathukum.com

Polda Jateng | Polres Purbalingga melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2023 di halaman Mapolres Purbalingga, Senin (10/7/2023) pagi. Apel menandai berlakunya Operasi Patuh Candi 2023 di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Irawan dalam apel membacakan amanat Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi yang antara lain berisi permasalahan di bidang lalu lintas telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah populasi penduduk yang berimbas peningkatan kendaraan bermotor, sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup.

“Modernisasi perkembangan alat transportasi pada era digital harus diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya polisi lalu lintas. Sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi perkembangan transportasi tersebut,” kata kapolres membacakan amanat.

Disampaikan bahwa salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang suatu yang pertama dan utama dalam etika berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.

“Keselamatan berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Kesadaran pengguna lalu lintas masih rendah. Masih ditemukannya pengendara yang melawan arus lalu lintas, melanggar rambu, marka jalan dan sebagainya,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Kepolisian Negera Republik Indonesia secara serentak akan menggelar Operasi Patuh 2023 selama 14 hari. Dimulai tanggal 10 – 23 Juli 2023 dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas pasca pelaksanaan Hari Bhayangkara tahun 2023.

“Operasi dilaksanakan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan dan fatalitas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Kegiatan mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis didukung Gakkum Lantas dengan ETLE,” ucapnya.

Setelah membacakan amanat Kapolda Jateng, Kapolres Purbalingga berpesan agar seluruh personel yang terlibat operasi agar melaksanakan tugas dengan baik dan bersikap humanis. Sehingga tidak merusak citra kepolisian yang sudah semakin baik.

“Hati-hati juga dalam menggunakan media sosial. Konten medsos yang dibuat jangan sampai menjadi hujatan masyarakat terhadap kinerja kepolisian,” pesannya.

Dalam Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2023 dilakukan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan personel Polri, TNI, Dishub dan Satpol-PP. Usai apel dilakukan sosialisasi terpadu Operasi Patuh Candi 2023 di Terminal Bus Purbalingga dan Simpang Empat Patung Jenderal Soedirman.

(Fit/Humas Polres Purbalingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *