Kenali Kader JKN, Masyarakat Yang Turut Tingkatkan Kolektabilitas Program JKN

Teks foto : Nampak, Muh Hanan salah satu Kader JKN BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto saat berkunjung di Rumah peserta BPJS Kesehatan.

MOJOKERTO ~ Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Mojokerto melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kolektabilitas iuran Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Salah satu upaya tersebut yakni, dengan mengoptimalkan peran Kader JKN di wilayah Kantor Cabang Mojokerto.

Sedangkan, optimalisasi peran Kader JKN ini telah dilaksanakan melalui kegiatan Monitoring dan Evaluasi kepada Kader JKN di Trawas, Jum’at (28/6/2024) lalu. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto, Elke Winasari menyampaikan bahwa adanya Kader JKN memberikan dampak positif bagi Program JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan dan merupakan wujud partisipasi masyarakat dalam menyukseskan Program JKN.

Dijelaskan oleh Elke bahwa Kader JKN merupakan mitra BPJS Kesehatan berdasarkan hubungan kerja sama dan menjalankan beberapa fungsi yakni pemasaran, pengingat dan kolekting iuran hingga pendampingan pelayanan.

“BPJS Kesehatan terus melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk keberlangsungan Program JKN. Untuk keterlibatan dari unsur masyarakat kami bekerja sama dengan beberapa orang yang menjadi Kader JKN. Diharapkan Kader JKN yang menjalankan fungsi BPJS Kesehatan di lingkungan wilayah peserta JKN ini tentu memberikan dampak positif sebagai penyambung informasi terkait Program JKN,” jelas Elke (2/7/2024).

Elke melanjutkan bahwa pertemuan ini merupakan wadah penyampaian informasi terkini terkait Program JKN. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sharing session terhadap hal-hal yang terjadi di lapangan sehingga antar Kader JKN dapat berbagi solusi apabila menemukan kejadian yang serupa. Dalam kesempatan kali ini Elke juga menyampaikan apresiasi atas kinerja Kader JKN selama ini.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas peran aktif dan semangat serta hasil yang dicapai oleh Kader JKN Mojokerto, yang mana 2 Kader JKN Mojokerto merupakan kader JKN terbaik pertama dan kedua se Jawa Timur, ini tidak terlepas dari komitmen semua kader untuk menjalankan fungsinya yaitu sosialisasi, edukasi, sebagai pengingat iuran, pembeian informasi, menerima keluhan dan pendampingan peserta JKN. Ini menmbuktikan bahwa kader JKN mempunyai komitmen yang tinggi untuk keberlangsungan Program JKN.” Ungkap Elke

Sementara itu, Muh Hanan salah satu Kader JKN BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto menyampaikan rasa bahagianya karena hasil kerjanya diapresiasi oleh BPJS Kesehatan. Sebagai Kader JKN, dirinya memang tergolong cukup aktif dan berprestasi.

“Saya selalu semangat menjalankan tugas ini dan merasa sangat bangga menjadi bagian dari pelaksanaan Program JKN. Saya juga bersyukur bisa menjadi kader JKN terbaik pertama se Jawa Timur itu merupakan kebanggan bagi saya bila berhasil membantu masyarakat menjadi peserta JKN, membantu masyarakat memperoleh informasi yang dibutuhkan, serta membantu mempermudah pembayaran iuran mereka” ungkap Muh Hanan.

Ia juga mengungkapkan bahwa tugas menjadi Kader JKN juga memiliki tantangan tersendiri. Namun dirinya merasa harus terus belajar dan berupaya optimal menjalankan peran tersebut karena menjadi Kader JKN merupakan tugas mulia.

“Berbagai peserta JKN telah saya temui di lapangan dan memiliki karakter yang berbeda-beda. Kemampuan berkomunikasi juga sangat dibutuhkan dalam penyampaian informasi untuk mengetahui kebutuhan peserta JKN serta memberikan solusi yang dibutuhkan. Karena hal tersebut saya berusaha semakin optimal untuk menyukseskan Program JKN,tambah Muh. Hanan.

Dengan menjadi Kader JKN, Muh. Hanan juga semakin yakin bahwa Program JKN merupakan program yang sangat baik dan dibutuhkan masyarakat. Sehingga ia berharap program JKN akan terus berlanjut dan berubah semakin baik.

“Harapan saya terkait program JKN adalah agar program ini dapat terus berlangsung diiringi dengan perbaikan-perbaikan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Dan semoga Kader JKN dapat terus mengoptimalkan kinerjanya sehingga dapat mendukung BPJS Kesehatan dalam menjaga keberlangsungan Program JKN,” katamya.(ris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *