Revitalisasi Pasar Harus Berjalan.

Revitalisasi Pasar Harus Berjalan.

BANDUNG || Jerathukum.com.

Revitalisasi pasar atau pembangunan pasar rakyat yang tadinya pasar kumuh,kotor,dan bau menjadi pasar sehat,bersih,tertata rapih,aman,dan nyaman,harus berjalan dan di teruskan di tiap daerah Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Barat,serta harus di dorong agar pasar rakyat lebih maju,lebih modern dan mampuh bersaing dengan pusat perbelanjaan dan toko modern sehingga dapat merubah dan meningkatkan omset perdagangan dan merubah SDM pedagang lebih maju,yang bisa taat kepada aturan atau hak dan kewajiban sebagai pedagang yang baik.

Revitalisasi pasar menurut Mentri PUPR mengatakan pembangunan/revitalisasi di lakukan dengan meningkatkan pungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat,sehingga menjadi bangunan yang aman,nyaman,bersih,tertata rapih,dan estetis(tidak kumuh).13 Mei 2022.

Gubernur Jawa Barat dalam peresmian pasar Jabar juara di Ciranjang Kabupaten Cianjur,mengemukakan bahwa,Pasar Jabar juara harus jadi pilihan utama warga dalam mencari kebutuhan pokok.

Jadi menurut saya sebagai pemerhati pasar Jabar Banten perlunya pasar di revitalisasi atau di bangun baru lagi kata H.Dadang Karso,selaku pemerhati pasar Jabar Banten ketika di wawancara oleh Wartawan Jerathukum.com.

Masih kata H.Dadang Karso maka dari itu revitalisasi perlu di dukung oleh semua pihak,lebih-lebih revitalisasi pasar yang di lakukan oleh pemda yang bekerja sama dengan pihak ke tiga/swasta karena perjanjian kerja sama,BGS (Bangun guna Serah)ini,semua akan di untungkan,oleh karena itu semua rencana revitalisasi pasar pasti dihasilkan dari analisa dan kajian,tidak mungkin tanpa analisa dan kajian yang sangat jauh terencana sampai beberapa tahun sebelumnya,biasanya sudah masuk di perencanaan daerah(BAPEDA).

Maka dengan itu perlu dorongan dan dukungan agar berjalan baik dalam revitalisasi pasar di Jawa Barat,agar bisa mendukung Pasar Jabar juara.

Untuk di ketahui beberapa Indicator revitalisasi :

1.Ada peningkatan efektivitas dari segi infut,,proses dan output program revitalisasi pasar.

2.Tingkat kepuasan konsumen.

3.Perbedaan pengelolaan pasar antara sebelum dan sesudah revitalisasi.

4.Perbedaan kondisi lingkungan antara sebelum dan sesudah di revitalisasi.

5.Perbedaan pendapatan antara sebelum dan sesudah revitalisasi.

Hasil penelitian ini di lakukan di beberapa pasar yang sudah di revitalisasi,Pungkas H.Dadang Karso selaku Pemerhati Pasar Jabar Banten.

[ Dayat ]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *