Upacara Bendera Tandai Puncak Hari Jadi ke – 167 Kabupaten Cilacap

CILACAP || jerathukum.com

Puncak peringatan Hari Jadi ke – 167 Kabupaten Cilacap ditandai dengan Upacara Bendera di halaman Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Selasa tanggal 21bulan Maret tahun 2023 Pj. Bupati Yunita Dyah Suminar bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Tampak hadir Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, Kapolresta Cilacap Kombes Pol. Fannky Ani Sugiharto, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Affandi, Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Sunarko, perwakilan Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri, serta kepala OPD jajaran.

Tahun ini, Hari Jadi Kabupaten Cilacap bertema “Bersinergi Mewujudkan Cilacap Bersih dan Sejahtera”. Dalam sambutannya, Yunita mengajak warga masyarakat Cilacap menjadikan momentum ini untuk terus membangun semangat kebersamaan, kekeluargaan serta persatuan dan kesatuan.

”Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak, atas kerjasama dan dukungannnya. sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan baik,” kata Yunita.

Sejauh ini, Pemkab Cilacap telah meraih pernghargaan di berbagai bidang. Antara lain penghargaan ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) Tahun 2022 dan Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Nindya untuk Tahun 2022.

Serta Penghargaan Adipura Tahun 2022 kategori Kota Sedang yang diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023.”Hal tersebut membuktikan bahwa kerja kita selama ini sudah berjalan baik dan perlu terus untuk ditingkatkan lagi di waktu yang akan datang,” tambahnya.

Meski pemerintahan telah berjalan cukup baik, masih ada tantangan pembangunan di sejumlah sektor. Di antaranya angka kemiskinan tahun 2022 masih tinggi yaitu 11,02%. Dan angka kemiskinan ekstrem sebesar 2,19% dengan jumlah penduduk miskin ekstrem sebanyak 37.958 jiwa.

Selanjutnya Prevalensi Stunting sebesar 17,60%, dan tingkat pengangguran tahun 2022 yang mencapai angka 9,62%. Diitambah Inflasi yang masih tinggi dan pertumbuhan ekonomi yang masih di bawah target RPJMD, serta banyaknya kejadian bencana alam.

”Kalau kita kompak, bersatu padu, bekerjasama dan sama-sama bekerja, Insya Allah Kabupaten Cilacap yang sejahtera secara merata dapat terwujud,” tegasnya.

Upacara bendera merupakan agenda utama dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap. Usai upacara, agenda selanjutnya adalah Rapat Paripurna Istimewa di DPRD Kabupaten Cilacap, dan dilanjutkan dengan Prosesi Kirab Budaya dan pentas seni budaya di Alun Alun Cilacap.

(Shlh).

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *