RESMIKAN PUSAT LAYANAN GINJAL, UPAYA RS PERTAMINA CIREBON JAGA KESEHATAN MASYARAKAT

CIREBON || jerathukum.com

Memperingati Hari Ginjal Sedunia pada 9 Maret 2023, RS Pertamina Cirebon (RSPC) meresmikan Pusat Layanan Ginjal (Kidney Center) sebagai upaya meningkatkan layanan RSPC pada masyarakat. Bersamaan dengan peresmian tersebut, RSPC turut mensosialisasikan gaya hidup sehat pada Seminar bertajuk “Ginjal Sehat Untuk Semua: Antisipasi Bencana Lindungi Kelompok Berisiko”, di Cirebon, Selasa (21/3).

Membuka kegiatan tersebut, Bupati Cirebon Drs .H.Imron, M.Ag mengapresiasi kepedulian RSPC dalam menjaga kesehatan masyarakat, terutama bagi masyarakat di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan).

“Merupakan kebanggaan, terutama bagi Kabupaten Cirebon, telah memiliki pelayanan kesehatan khusus ginjal. Upaya penanganan kesehatan dapat dilakukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama, hingga nantinya ditangani di RS Pertamina Cirebon,” jelasnya.

Pusat Layanan Ginjal ini merupakan salah satu layanan unggulan atau Center of Excellent (COE) RSPC.

“Dengan fasilitas baru ini, akan memperkuat salah satu misi RSPC yaitu menjadi Rumah Sakit yang mandiri, efektif dan efisien. RSPC yang berdiri sejak tahun 1973 ini senantiasa berkomitmen memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat serta mendukung ketahanan kesehatan nasional,” tambah dr. Kurniadi Direktur RS Pertamina Cirebon.

Sementara itu, pada Seminar Kesehatan Ginjal yang turut dihadiri oleh sejawat medis dan pemangku kepentingan, para Narasumber berbagi ilmu tentang CAPD atau continuous ambulatory peritoneal dialysis. CAPD merupakan metode cuci darah yang dilakukan lewat perut. Berbeda dengan cuci darah bermetode Hemodialisa yang harus dilakukan di rumah sakit, pada CAPD pasien dapat melakukan dialisis secara mandiri. Namun demikian, sebelumnya telah berkonsultasi dan memperoleh pelatihan oleh dokter, sehingga proses CAPD berjalan dengan efektif dan steril.

Beberapa narasumber merupakan dokter spesialis dari RSPC yakni Sri Mulyani Sujono, Skep, dr. Dhika, SpU , dr. Wizhar, SpPD,KGH, FINASIM, dan dimoderatori oleh dr. I Made Astawa, SpPD.

RSPC merupakan salah satu unit usaha PT Pertamina Bina Medika IHC, anak usaha PT Pertamina (Persero) sekaligus induk usaha (holding) rumah sakit BUMN. IHC saat ini mengelola 36 Rumah Sakit serta berafiliasi dengan 39 rumah sakit, serta 172 klinik kesehatan di seluruh Indonesia.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *