Gunung Anak Krakatau Erupsi, Kolom Abu Capai 750 Meter

LAMPUNG || jerathukum.com

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Anak Krakatau di Lampung erupsi. Erupsi gunung itu tercatat pada Kamis (5/1/2023) tepatnya pukul 00.13 WIB.

“Terjadi erupsi G. Anak Krakatau pada hari Kamis, 05 Januari 2023, pukul 00:13 WIB,” tulis Anggi Nuryo Saputro dari laman resmi magma.esdm.go.id, Kamis (5/1/2023).

Tinggi letusan teramati sekitar 750 meter di atas puncak gunung atau sekitar 907 meter di atas permukaan laut. Abu juga teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah timur laut. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung,” katanya.

Dalam laman tersebut, warga direkomendasikan untuk tidak mendekat ke area Gunung Anak Krakatau. Aktivitas warga pun dibatasi dalam radius 5 kilometer dari kawah aktif.

Sebelumnya, erupsi kembali terjadi di Gunung Anak Krakatau, Lampung. Peristiwa ini terjadi pada Rabu, 4 Januari 2023 pukul 15.09 WIB.

Erupsi tercatat dengan tinggi kolom abu teramati 3.000 meter di atas puncak ( 3.157 m di atas permukaan laut). Sementara kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah timur.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 65 mm dan durasi sementara ini 1 menit 37 detik.

(Steven)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *