Webinar Hukum Nasional Dengan Tema “Penyelesaian Sengketa Nonlitigasi Dan Litigasi Dalam Tinjauan Korporasi”

NGAWI ~ Jawa timur, forum Divisi Hukum, pada Hari Minggu 16.6.2024, Menyelenggarakan Webinar hukum nasional siang yang bertema “Penyelesaian Sengketa Nonlitigasi Dan Litigasi Dalam Tinjauan Korporasi”.

Dalam kegiatan yang di pandu oleh MC atas nama Dede Indra Aprijal, Mahasiswa Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung, lalu beliau selaku CEO di fdh, Membacakan susunan acara Webinar, dilanjut kan dengan kata² sambutan dari founder forum divisi hukum ke pada Ibu
Rika Sukiswantari, S.H,M.A. Hum, Selaku founder dari forum divisi hukum, Menyampaikan sepatah dua kata dalam sambutannya, dan dalam sesi penyampaian materi dipandu oleh moderator Munawir Harahap, Mahasiswa Hukum Universitas UIN Medan.

“Webinar kali ini bertujuan agar mempunyai kedudukan di tengah masyarakat memiliki peran yg sngat penting & strategis, meliputi pergaulan hidup hubungan antar masyarakat, hubungan antar warga negara degannya.

Tujuan Hukum menurut Gustav Radburch terdiri dari 3 nilai dasar :
1.Keadilan
2.Kemanfaatan
3.Kepastian Hukum.

Selanjutnya pada sesi pemaparan materi oleh pemantik kita, Pak M.O. Saut Hamonangan Turnip, S.H.,M.H. C.T.L.C.C.T.T. Penyelesaian sengketa di luar pengadilan (non litigasi) atau yang dikenal dengan alternatif penyelesaian Sengketa dilakukan dengan cara konsultasi, negosiasi, mediasi, konsiliasi, atau penilaian ahli.

Selain itu, dikenal pula arbitrase yaitu cara penyelesaian suatu sengketa perdata di luar peradilan. Ruang lingkup dari penyelesaian sengketa nonlitigasi adalah meliputi perbuatan hukum atau tindakan hukum yang dapat mendorong orang untuk memilih penyelesaian persoalan hukumnya.

Sedangkan secara litigasi merupakan, proses formal selama penyelesaian perselisihan hukum. Orang yang membantu untuk melakukan litigasi adalah pengacara yang juga litigator.

Pasal 1 angka 10 menyebutkan bahwa “korporasi adalah kumpulan orang dan/atau kekayaannya yang terorganisasi baik merupakan badan hukum maupun bukan badan hukum,

Sekian isi Pemaparan Materi dr Pemantik kita pada Webinar Hukum nasional siang ini. (*red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *