(seragam) Baru Loreng Komenwa Indonesia 2024* *Perpaduan Warna Hijau TNI, Coklat Polri, Crem Trip dan Ungu Menwa

JAKARTA – Komandan Komando Menwa Indonesia Dr Datep Purwa Saputra MM.,MH. menyampaikan pada media bahwa Komenwa Indonesia telah mempunyai Seragam Baru Loreng Komenwa Indonesia yang akan di tetapkan pada tanggal 3 Februari 2024 bertepatan tanggal Terbitnya SK Kemenhumham tetang Berdirinya Komando Resimen Mahasiswa Indonesia (Komenwa Indonesia). Rabu 31 Januari 2024.

 

Datep lebih lanjut menjelaskan bahwa Loreng Komenwa Indonesia mumpunyai ciri khas perpaduan warna hijau militer/TNI yang mengambarkan bahwa Menwa bersama TNI sebagai bagian Komponen cadangan/pendukung (Komcad/Komduk) dalam rangka pertahanan negara, dipandu dengan warna coklat POLRI bahwa menwa juga mempunyai peran dan fungsi sebagai atau bagian sistem Keamanan Negara bersama POLRI kedua ini perwujudan bahwa Menwa mempunyai hak dan ke wajiban dalam rangka memenuhi Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (SIAHANKAMRATA) sesuai UUD 45 pasal 30.

Warna crem diambil dari seragam yang di gunakan Tentara Pelajar Republik Indonesia (TRIP) dan Tentara Geni Pelajar (TGP) serta Cops Mahasiswa (CM) dalam rangka merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia bahwa Menwa adalah pelanjut nilai nilai sejarah semangat perjuangan TRIP/TGP/CM (Brigade 17).

Ciri Kas utama pada Loreng Komenwa Indonesia adalah dilengkapai corak warna ungu sebagai warna indentitas (brand colors) menwa yang sering disebut Korp Baret Ungu.

Warna ungu menyimbolkan tentang spiritualitas, keagungan, intuisi, kebijaksanaan, penguasaan, dan kekuatan mental.Ungu menjadi warna yang mampu memberikan kesan spiritual, kekayaan dan kebijaksanaan karna Menwa adalah kaum intelektual atau dari kalangan perguruan tinggi.

Menwa memiliki kompetensi yang unggul karena anggota menwa memiliki disiplin ilmu yang beragam serting di sebut sebagai pasukan dengan kekayaan intelektual lengkap atau “Serba Ada (Murda Sarwa Labda).

Dengan bekal intelektual dan ilmu kemeliteran setiap jiwa dan raga menwa pada pengabdiannya dimasyarakat harus tertanam kode etik menwa yang tertuang pada 5 butir *”Panca Dharma Satya (PDS)* serta dokrin yang ada pada setiap anggota Menwa yaitu *Widya Castrena Dharma Sidha (WCDS)* “Penyempurnaan Pengabdian Ilmu Prngetahuan dan Teknologi melalui Ilmu Keprajuritan”

PDS dan WCDS harus menjadi value hasil lulusan perguruan tinggi Indonesia yang ikut menjadi menwa sebagai dasar capaian hasil lulusan (CPL) yang unggul dan berkarakter dalam rangka pengabdian pada bangsa dan negara sekaligus menjawab kebutuhan global yang semakin kompetitif.

Demikian pungkas Datep Dankomenwa Indonesia dengan harapan GAM Loreng Komenwa ini bisa digunakan oleh seluruh anggota menwa se Indonesia sehingga Menwa memiliki seragam loreng dengan khas Menwa sendiri dalam rangka meningkatkan semangat militan dan jiwa korsa Komenwa Indonesia.

Salam PDS & WCDS.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *