Kemiskinan Ekstrem di Provinsi Sumsel 1,29% Penurunan Tercepat di Sumatera

 

PALEMBANG || jerathukum.com

Berbagai catatan prestasi terus diraih oleh Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), salah satunya menjadi daerah dengan penurunan tingkat kemiskinan ekstrem tercepat di Pulau Sumatera. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Selatan, tingkat kemiskinan ekstrem di wilayah ini berada pada angka 1,29 persen per bulan Maret tahun 2023.

“Alhamdulillah, di bulan Maret 2023 ternyata Sumatera Selatan mampu menurunkan kemiskinan ekstrem yang tertinggi untuk wilayah Sumatera yaitu dari 3,19 persen pada Maret 2022 menjadi 1,29 persen pada Maret 2023. Ini merupakan capaian yang sangat cukup baik di Sumatera Selatan,” kata Kepala BPS Provinsi Sumsel Wahyu Yulianto usai mendampingi Deputi BPS RI M. Habibullah saat silaturahmi dengan Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni, bertempat di Kantor Gubernur Sumatera Selatan, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (17/11/2023).

Menurutnya, penurunan angka kemiskinan ekstrem di Sumsel diikuti dengan pertumbuhan ekonomi yang berhasil. Tercatat pada Triwulan III/2023 Ekonomi Provinsi Sumsel tumbuh sebesar 5,08 persen dan melampaui angka pertumbuhan nasional yang hanya 4,9 persen.

“Bahkan di wilayah Sumatera ini, Sumatera Selatan juga mencapai pertumbuhan yang tertinggi dibandingkan dengan provinsi lain di Sumatera,” ucap Wahyu.

Sementara itu, terkait angka pengangguran juga turun menjadi 4,11 persen atau mengalami penurunan sebesar  0,58% jika dibandingkan dengan kondisi yang sama pada tahun 2022.

“Lalu yang terakhir terkait dengan angka Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Sumsel cukup bagus sekarang 73,18 atau meningkat 0,70 poin dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Wahyu.

Untuk usia harapan hidup Sumatera Selatan lebih tinggi dibandingkan dengan harapan hidup tingkat nasional. Usia harapan hidup di Sumatera Selatan adalah 74,04 tahun sementara usia harapan hidup tingkat nasional sebesar 73,93 tahun.

“Ini tentunya berkat komitmen Gubernur bagaimana memprioritaskan pembangunan di seluruh sektor sehingga beberapa indikator-indikator yang ada di Sumatera Selatan cukup bagus di tahun 2023,” jelas Wahyu.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni menyebut saat ini semua sektor di Sumsel relatif cukup baik. Hal ini tentu berkat kerja sama dan kerja keras semua pihak di Provinsi Sumsel sehingga mencapai prestasi yang membanggakan.

“Karena itu saya mengharapkan dukungan semua pihak agar yang sudah dicapai ini bisa lebih baik lagi,” ucap Fatoni.

(Red-Dwi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *