Aksi Nyata, Penanaman Pohon di Lingkungan SMPN 6 Rembang

PURBALINGGA || jerathukum.com

SMPN 6 Rembang Kabupaten Purbalinga melakukan aksi nyata penanaman pohon dengan program SMP Negeri 6 Rembang Satu Pohon Sejuta Kehidupan (Spennara Sejuk) di lingkungan sekitar sekolah tepatnya di lahan kosong lingkungan sekolah tersebut di Jalan Raya Tanalum, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Aksi penanaman pohon ini merupakan komitmen sekolah tersebut dalam mendukung Program Pemerintah Kabupaten Purbalingga, kegiatan ini dilakukan bersama Kepala SMPN 6 Rembang, Komite, Pengawas Pembina, perwakilan guru dan karyawan serta siswa sekolah tersebut.

Menurut Salimah, S.Pd selaku Kepala SMPN 6 Rembang yang menginisiasi kegiatan tersebut menuturkan, pengadaan bibit merupakan bantuan dari Persemaian Bibit Banjarnegara sejumlah 450 pohon. Penanaman pohon menjadi salah satu langkah peduli lingkungan dan sebagai bukti nyata gerakan revolusi mental SMPN 6 Rembang dalam penanaman karakter siswa sekaligus untuk melestraikan lingkungan tidak hanya di dalam sekolah tetapi juga di luar sekolah.

“Sejalan dengan visi sekolah yaitu mewujudkan warga SMPN 6 Rembang yang beriman, berilmu, berjiwa sosial dan berwawasan lingkungan ,” tuturnya saat dikonfirmasi, Rabu, (18/10/2023).

Ia menambahkan kegiatan penanaman pohon ini dilakukan bersamaan denga awal musim penghujan tahun ini, sehingga harapannya tanaman tersebut bisa tumbuh subur dan kelak bisa bermanfaat bagi warga sekolah dan sekitarnya sekaligus untuk melestarikan lahan hijau yang ada disekolah tersebut. Beberapa jenis pohon yang ditanam diantaranya berbagai jenis pohon buah-buahan dan pohon kopi.

“Harapannya dari satu pohon yang ditanam kelak akan bermanfaat bagi warga sekolah maupun lingkungan masyarakat, yang artinya bermanfaat bagi sejuta kehidupan berikutnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Dumari, S.Pd selaku Pengawas Pembina mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya Pohon adalah makhluk hidup sejuta manfaat. Seluruh bagiannya sangat berarti untuk kehidupan manusia.

“Sangat mendukung, pohon memberi oksigen melalui metabolismenya, memberikan bahan bangunan kayu dengan batangnya, memberikan makanan melalui buahnya, dan dapat mencegah banjir, mencegah longsor dengan akarnya,” katanya.

(RP / Fit jh)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *