Cegah Perundungan, Polisi di Purbalingga Jadi Pembina Upacara di Sekolah – Sekolah

PURBALINGGA || jerathukum.com

Polda Jateng | Kasus perundungan atau bullying antar siswa yang terjadi beberapa waktu terakhir menjadi keprihatinan tersendiri. Untuk mencegah perilaku negatif tersebut, Polres Purbalingga menerjunkan personel untuk menjadi pembina upacara di sekolah-sekolah, Senin (2/10/2023).

Kegiatan tingkat polres dipimpin oleh Wakapolres PurbaIingga Kompol Donni Krestanto. Wakapolres menjadi pembina upacara di SMA Negeri 2 Purbalingga. Selain di tingkat polres, kegiatan juga dilaksanakan di seluruh polsek jajaran dengan mengunjungi sekolah tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.

Wakapolres PurbaIingga Kompol Donni Krestanto dalam kegiatan membacakan amanat dari Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Irawan. Isi amanat diantaranya akhir-akhir ini kita menyaksikan pemberitaan di media sosial terkait perundungan oleh pelajar di wilayah Kabupaten Cilacap.

“Dalam kasus tersebut walaupun pelakunya adalah anak namun dapat dilakukan penanganan hukum sesuai dengan aturan yang berlaku,” ucapnya membacakan amanat.

Disampaikan bahwa di wilayah Kabupaten Purbalingga kasus yang melibatkan perempuan dan anak pada tahun 2023 ada 68 kasus. Kasus tersebut diantaranya persetubuhan terhadap anak, KDRT, Perzinahan, Kekerasan/Penganiayaan, Pencurian, Perampasan dan Membawa Senjata Tajam.

“Melihat data tersebut bukanlah angka yang kecil. Maka guna menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak dibutuhkan dukungan bersama pihak sekolah, orang tua, masyarakat dan negara,” katanya.

Dalam amanat disampaikan pesan kepada siswa agar meningkatkan kualitas iman dan takwa, menghindari perbuatan dan kegiatan yang mengarah tindak pidana atau melanggar hukum seperti kekerasan, perundungan, tawuran, pencurian dan penyalahgunaan narkoba.

“Jadilah warga negara yang taat hukum, senantiasa berbuat baik dan sopan santun di masyarakat, ikuti semua arahan ora g tua dan guru,” pesan Wakapolres dalam amanat.

Dari data selain dilaksanakan di SMA Negeri 2 Purbalingga kegiatan juga dilaksanakan di SMK Ma’arif NU Bukateja, MTs Muhammadiyah 07 Kejobong, MI Muhammadiyah Pengadegan, SD Negeri 1 Wlahar, MTs Al Mujahadah Mrebet, SMA Negeri 1 Padamara.

Selanjutnya, SMK Negeri 1 Karangjambu, SMA Negeri 1 Kutasari, MTs NU 06 Bojongsari, MTs Ma’arif NU 07 Kaligondang, MTs Ma’arif NU 04 Karangmoncol, SD Negeri 2 Kalimanah Wetan, MTs Ma’arif NU 08 Kemangkon, SMK Ma’arif NU Bobotsari dan MI Ma’arif NU Limbasari

(Fit / Humas Polres Purbalingga)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *