Merdeka, ORARI Menggelar Indonesia Award 2023 Jelang HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI

BANYUMAS || jerathukum.com

Terus melaju untuk Indonesia maju, Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Pusat, kembali menggelar kegiatan Indonesia Award 2023. Dalam Rangka memperingati dan menyemarakan hari ulang tahun (HUT) Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun2023, yang akan dimulai pada tanggal 12 Agustus 2023 Pukul 00.00 UTC sampai dengan tanggal 20 Agustus 2023 Pukul 23.59 UTC.

Ketua panitia pelaksanan Indonesia Award 2023 H.R. Ginanjar Taufiq, S.IP., M.Si., (YB0GIN), Minggu (06/08/2023) sore melalu jaringan telpon kepada awak media mejelaskan kegiatan kali ini mempunya maksud dan tujuan, yaitu dalam rangka menyemarakan peringatan HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI, dan meningkatkan kemampuan, keterampilan, juga ajang latih diri anggota ORARI dibidang komunikasi radio, serta menjalin semangat kekeluargaan, mempererat tali persaudaraan dan menjunjung tinggi sportifitas sesama amatir radio, jelasnya.

“Amatir radio adalah perwira, amatir radio adalah setia, amatir radio adalah progresif, amatir radio adalah ramah tamah, amatir radio berjiwa seimbang,” tandasnya.

Selanjunta Ginanjar menambahkan, bahwa kegiatan kali ini dikemas dalam bentuk Special Event Station (SES) ; 8H78RI (Call Area 0), 8H78I (Call Area 1), 8H78N (Call Area 2), 8H78D (Call Area 3), 8H78O (Call Area 4), 8I78N (Call Area 5), 8I78E (Call Area 6), 8I78S (Call Area 7), 8I78I (Call Area 8), 8I78A (Call Area 9), 8I78RI (Call Area 0 sampai dengan 9 khusus VHF Teresterial, ORARI Daerah dan ORARI Lokal se-Indonesia, ungkapnya.

“Peserta hanya diperkenankan komunikasi secara langsung melalui radio dan dilarang menggunakan fasilitas link gateway dari software team speak, Echolink, eQSO, serta dilarang melakukan panggilan menggunakan callsign milik orang lain,” imbuh tandasnya.

“Secara sadar ia tidak akan menggunakan udara untuk kesenangan pribadi, sedemikian rupa sehingga mengurangi kesenangan orang lain, dan Ia mendapat izin dari Pemerintah karena organisasinya, ia akan setia dan patuh kepada Negara dan Organisasinya,” imbuhnya.

Lebih Lanjut YB0GIN juga menyampaikan, bahwa aktifitas pada mode, Phone (SSB), CW, FT8, RTTY dan SATELIT (FM). Khusus 8I78RI hanya FM dan pada VHF Teresterial, dan stasiun khusus akan memancar pada seluruh band radio amatir pada HF 80M, 40M, 20M, 15M, 10M, 2M / 70CM (untuk satelit), dan VHF Teresterial 2M (khusus 8I78RI),” katanya.

“Amatir Radio selalu menyesuaikan stasiun radionya setingkat dengan ilmu pengetahuan, Ia akan membuatnya dengan baik dan efisien, ia akan mempergunakan dan melayaninya dengan cara yang bersih dan teratur, Jika diminta ia akan mengirim berita dengan perlahan dan sabar, kepada yang belum berpengalaman ia akan memberi nasihat, pertimbangan dan bantuan secara ramah tamah, inilah ciri-¬≠ciri khas Amatir Radio,” tandasnya.

Salah satu anggota ORARI Lokal Kab Banyumas Rina Purwanti (YC2POL), saat ditemui awak media Minggu (06/08/2023) malam, menyampaikan apresiasinya kepada Pengurus ORARI dan Panitia, yang telah menyiapkan petunjuk pelaksanaan (Juklak) kegiatan Indonesia Award 2023, di : https://orari.or.id/event/indonesia-award-2023/,” katanya.

“Radio merupakan hobbynya, ia tidak akan memperkenankan hobbynya mempengaruhi kewajibannya terhadap rumah tangga, pekerjaan, sekolah atau mesyarakat sekitarnya, Ia selalu siap sedia dengan pengetahuan dan stasiun radionya untuk mengabdi kepada Negara dan Masyarakat,” pungkasnya.

Pantauan awak media sampai Minggu (06/08/2023) jam 23:45 Wib, ORARI Daerah dan ORARI Lokal Se-Indonesia yang akan berpartisipasi menyelenggarakan kegiatan Special Event Station 8I78RI pada Band VHF, sudah mulai melakukan pendaftaran secara resmi di situs web https://award.orari.or.id, padahal waktu pendaftaran dibuka hanya sampai sebelum tanggal 6 Agustus 2023 dengan melampirkan IAR penanggung jawab kegiatan, dan peserta dapat mengunduh e-QSLCard dan e-Award melalui situs website ORARIPusat https://award.orari.or.id.

[ Shlh/Djarmanto-YF2DOI ]

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *