Pembiasaan Murid MI Ma’arif NU 01 Pangebatan di Hari Jum’at Sholat Dhuha, Tahlil Do’a dan Santunan Anak Yatim

BANYUMAS  || jerathukum.com

Di bulan Muharram, umat Islam merayakan tahun baru Hijriyah dengan penuh suka cita dan semangat dalam meningkatkan ibadah dan ketakwaan. Salah satu momen istimewa di bulan ini adalah hari ‘Asyura di 10 Muharram, juga disebut lebaran anak yatim yang jatuh pada tanggal 10 Muharram, juga dilaksanakan oleh MI Ma’arif NU 01 Desa Pangebatan Kec Karanglewas, Kab Banyumas, Jawa Tengah.

Pada kesempatan dan momentum yang sangat berharga ini, MI Ma’arif NU 01 Desa Pangebatan, bersama seluruh warganya berkesempatan mendapatkan pahala besar, keberkahan, serta merasakan kedekatan dan kasih sayang terhadap anak yatim yang membutuhkan perhatian dan dukungan.

Kepala Madrasah Nur Khasanah kepada awak media, menyampaikan ratusan siswa bersholawat mengiringi santunan anak yatim di Madrasah, setelah melaksanakan rangkaian pembiasaan setiap hari jumat, yaitu shalat dhuha bersama, dilanjutkan tahlil, dan ceramah singkat tentang sejarah tahun baru islam terutama bulan muharram oleh Kusmirah Guru Kelas V, hari ini Jumat (28/07/2023) bertempat di halaman MI Ma’arif NU 01 Pangebatan. katanya.

“Saat lebaran anak yatim, memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anak yatim merupakan amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk memuliakan anak yatim dan berbuat baik terhadap mereka, juga langsung mendidik peserta didik melihat langsung amalan yang mendapat pahala dan derajat kemuliaan dari Allah SWT, ungkapnya

Sebelumnya, Nur Khasanah dalam sambutan sebelum memberikan santunan kepada anak yatim, memberikan motivasi seluruh siswa, bagi yang orang tuanya masih hidup, hormatilah dan sayangilah mereka, muliakan kedua orang tua selagi kita masih diberi waktu untuk bersama. Bagi yang sudah ditinggal oleh orang tuanya, jangan lupa untuk terus mendo’akan mereka, melanjutkan perjuangan dan cita-cita luhur orang tua. kata Nur Khasanah.

“Semoga sedikit yang diberikan dari madrasah kepada anak-anak yatim/Piatu bisa memberikan manfaat dan mendapatkan Ridlo Allah SWT,” ungkap doanya.

Siti Dinda Kirana Kelas V, salah satu anak yatim yang menerima santunan, langsung mengucapkan terima kasih dan berdo’a semoga bapak ibu guru, wali murid semua, lancar rejekinya semakin berkah, kebaghiaan selamat di dunia akhirat bersama Ridlo Allah SWT, aamiin,” ungkap doanya.

Semoga acara santunan ini bisa berlangsung setiap tahun dan bisa lebih banyak lagi kegiatan dimasa yang akan datang, serta banyak memberikan manfaat kepada sesama, harap Narikin, salah satu Guru di MI Ma’arif NU 01 Pangebatan.

[ Shlh ]

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *