Bimtek Komunikasi Satelit Orari di Halal Bi Halal Amatir Radio dan Gathering NCS Call Area 2 Banjarnegara

BANJARNEGARA || jerathukum.com

Panitia Halal Bi Halal Amatir Radio dan Gathering NCS Call Area 2 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan Bimbingan Teknik Pengenalan Komunikasi Satelit.

Kegiatan dihadiri oleh anggota ORARI Jawa Tengah dan DIY, Adik-adik Pramuka Banjarnegara, simpatisan ORARI.

Ketua Panitia Harsono Widjajanto (YB2JXC), saat ditemui dilokasi menyampaikan terima terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dan juga yang hadir, juga terima kepada Totok Tumangkar YB2JNZ Sesepuh juga senior ORARI Jawa Tengah, semua kehadiranya menjdikan keberkahan kita semua, Sabtu (10/06/2023). Kata Harsono (YB0JXC).

“Bertujuan untuk memberikan pembelajaran komunikasi langsung dengan peralatan amatir radio dan teknologi satelit kepada anggota ORARI, Pramuka dan simpatisan ORARI, teknis komunikasi melalui satelit sebagai sarana komunikasi alternatif ketika terjadi bencana, Ungkapnya.

Selanjutnya Harsono Widjajanto (YB2JXC) mejelaskan pemaparan komunikasi satelit secara teori dan praktek disampaikan oleh Suryono Adisoemarta (YD0NXX), Reyhan Hilmawansyah (YC0RWL), Jayeng Ferdi Setiawan (YD2DAY), dan Puspo Dewi Wahyuning Gusti (YD2COD), juga dilakukan bimbingan peragaan tracking dan komunikasi dengan beberapa stasiun anggota ORARI diberbagai daerah yang di Indonesia dan luar negeri, melalui satelit IO-86 dan IO-91, mengunakan radio genggam, antena moxon dan cross band UHF VHF / arrow, bertempat di halaman gedung balai budaya Banjarnegara, pada frekuensi satelit TX : 145.880mhz, RX : 435.880MHZ, Tone : 88.5. Jelasnya.

“Peserta Bimtek berhasil komunikasi dengan beberapa stasiun amatir radio dari beberapa call area di Indonesia dan juga luar negeri, dengan pertukaran report, ucapan selamat dan sukses atas terlaksananya Bimtek ini di Banjarnegara ini,” Tandasnya.

Kordinator Pemateri Suryono Adisoemarta (YD0NXX), menjelaskan kegiatan ini diharapkan dapat mengenalkan suatu sistem komunikasi yang dapat digunakan dengan praktis sehingga dapat menjadi sarana komunikasi alternatif, terutama dalam keadaan khusus , situasi darurat dan ataupun kebencanaan. Jelasnya.

“Saya sangat senang, bangga dan bahagia, melihat rekan-rekan, sangat antusias, sangat bersemangat dalam bimtek komunikasi satelit ini, jadi tambah ilmu yang bermanfaat dan ketrampilan amatir radio,” unkapnya.

Salah satu peserta bimtek Agus Murbiantoro (YG2CPR), menyampaikan banyak terima kasih kepada panitia dan tim pemateri, semoga menjadi tebaran ilmu yang bermanfaat dan juga menjadi penyemangat baru semua anggota ORARI, Pramuka dan simpatisan ORARI yang hadir dilokasi. Pungkasnya.

(Shlh , DJ).

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *