Desa Candimulyo Kecamatan Kebumen Dicanangkan sebagai “Kampung Tangguh Bersinar” Oleh Polres Kebumen

KEBUMEN || jerathukum.com

Permasalahan Narkoba di Indonesia masih merupakan sesuatu yang bersifat urgen dan kompleks. Semakin hari, jumlah kasus penyalahgunaan atau pecandu narkoba terus bertambah, ini dibuktikan meningkatnya pengungkapan kasus tindak kejahatan narkoba oleh Sat Resnarkoba Polres Kebumen.

Situasi ini perlu diwaspadai bersama, mengingat banyak sekali dampak buruk dari penyalahgunaan narkoba bagi kelangsungan hidup para pecandu dan keluarganya.

Adanya hal itu, selain gencar melakukan pemberantasan narkoba, Sat Resnarkoba juga melakukan sosialisasi dan pencanangan Kampung Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba) sebagai bentuk gerakan anti narkoba.

Pagi ini kegiatan pencanangan dilakukan di Desa Candimulyo, Kecamatan/Kabupaten Kebumen, dengan menggandeng unsur pemerintahan serta para tokoh masyarakat untuk bersama-sama melawan narkoba.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasat Resnarkoba Iptu Edi Purwanto saat membuka acara mengungkapkan, pencanangan merupakan gerakan bersama untuk meminimalisir peredaran ataupun penyalahgunaan narkoba di Desa Candimulyo, Rabu 8 Maret 2023.

“Narkoba tidak mengenal kasta. Kami berharap tidak ada kasus narkoba di Candimulyo. Karena dari desa-desa yang sudah dicanangkan, tidak ada kasus narkoba. Kami juga berharap demikian untuk Desa Candimulyo,” jelas Iptu Edi Purwanto, didampingi KBO Sat Resnarkoba Ipda Oon Tulistiono.

Lanjut Iptu Edi Purwanto, saat ini tingkat peredaran narkoba sudah merambah pada berbagai level, tidak hanya pada daerah perkotaan saja melainkan sudah menyentuh komunitas pedesaan.

“Hal inilah yang menjadi kewaspadaan bagi kita, untuk selalu melakukan upaya pencegahan pada berbagai tingkatan,” imbuhnya.

Pada saat pencanangan, warga masyarakat dikenalkan sample narkoba mulai tanaman Ganja, Sabu, obat terlarang seperti Trihexyphenidyl, Hexymer, Nipam dan lain sebagainya.

Dengan diperlihatkan sample tersebut, diharapkan warga akan segera melaporkan ke Polres Kebumen jika didapati narkoba seperti apa yang ditampilkan saat pencanangan.

Kades Candimulyo Eful Arifin menyambut positif kegiatan Pencanangan Kampung Tangguh Bersinar di desanya. Ia siap berkolaborasi dengan Polres Kebumen memberantas narkoba di desanya.

Apalagi ancaman hukuman kurungan bagi setiap pengguna ataupun pengedar narkoba yang diputus bersalah cukup tinggi, masyarakat harus benar-benar menjauhi narkoba.

“Masalah narkoba, pemerintah juga harus dilibatkan. Dengan sample narkotika yang dibawa dan dikenalkan kepada warga, diharapkan warga jadi semakin tahu. Narkoba seperti apa, dampaknya bagaimana, serta konsekuensi hukumnya,” kata Eful Arifin.

Permasalahan narkoba sudah mewabah di hampir semua negara di dunia, akibatnya jutaan jiwa mengalami ketergantungan narkoba, menghancurkan kehidupan keluarga, mengancam keamanan dan ketahanan berbangsa dan bernegara.

Purwo Santoso

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *