Ujian Beladiri Polri Digelar Selama 3 Hari ke Depan di Mapolres Kebumen

POLRES KEBUMEN || jerathukum.com

Ujian Beladiri Polri (BDP) periodik semester I Tahun Anggaran 2023 digelar selama tiga hari mendatang, dari tanggal 14 sampai 16 Februari 2023.

Ujian dibuka oleh Wakapolres Kebumen Kompol Bakti Kautsar Ali di halaman Mapolres Kebumen, Selasa 14 Februari 2023.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui amanat yang dibacakan oleh Wakapolres mengatakan, Ujian BDP wajib diikuti oleh seluruh anggota karena merupakan bagian dari komponen penilaian program 13 kompetensi SDM Polri yang unggul.

“Karena menjadi syarat utama saat mengikuti seleksi pendidikan, masuk dalam aplikasi e-Binjas Polri, serta sebagai syarat pengusulan naik pangkat serta pendidikan lanjutan bagi PNS Polri, maka seluruhnya wajib mengikuti ujian beladiri ini secara sungguh-sungguh,” jelas Kompol Bakti Kautsar Ali.

Sebelum ujan dimulai, para peserta mengikuti serangkaian test kesehatan dari Sidokkes Polres Kebumen. Jika dinyatakan sehat dan bisa mengikuti ujian beladiri, para peserta akan mengikuti beberapa materi ujian.

Materi ujian diantaranya, teknik dasar beladiri, teknik beladiri tanpa alat, dan teknik beladiri dengan alat atau melawan tanpa alat. Masing-masing materi ujian akan dinilai oleh panitia sesuai kesempurnaan gerakan saat diuji.

Lanjut Kompol Bakti, ujian beladiri Polri dilaksanakan secara periodik setiap 6 bulan sekali, mulai pangkat Bripda hingga dengan pangkat Iptu.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk optimalisasi pemeliharaan peningkatan kemampuan beladiri personel untuk menunjang penugasan.

“Tugas Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum, maka setiap anggota Polri wajib menguasai beladiri Polri,” katanya.

Hasil ujian beladiri, lanjut Wakapolres, akan dilaporkan ke Polda sebagai data personel sebagai bagian dari komponen penilaian program 13 kompetensi SDM Polri yang unggul.

Purwo Santoso

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *