Polri Berupaya Liga 1 Dihadiri Penonton Lagi

JAKARTA , jerathukum.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Polri tengah berupaya kembali menghadirkan penonton pada kompetisi Liga 1 2022/2023. Sigit mengatakan, pihaknya kini tengah berdiskusi dengan Menpora Zainudin Amali serta PSSI terkait regulasi pertandingan sepakbola.

Awalnya, Sigit berbicara bahwa pihaknya sedang melakukan asesmen terhadap stadion-stadion di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk melakukan beberapa perbaikan.

“Kemudian terkait dengan Liga 1, kemarin kita dengan Pak Menpora berdiskusi termasuk PSSI bagaimana rekan-rekan ketahui saat ini Liga 1 telah dilaksanakan dengan tanpa penonton, kenapa demikian, karena kita sedang melakukan asesmen terhadap kondisi-kondisi stadion yang ada,” kata Sigit di GBK Senayan, Jakarta (20/12/2022).

Sigit mengatakan, keputusan ini akan ditentukan pada Januari 2023. Sigit memastikan Polri akan mempersiapkan hal ini dengan baik.

“Sehingga nanti pada saat bulan Januari kita bisa kembali pada home away, jadi pertandingan ada penonton. Jadi waktu inilah yang kita persiapkan dengan sebaik-baiknya sehingga ke depan Liga 1 pun juga bisa dihadiri oleh penonton,” katanya.

Sebelumnya, pemerintah kembali menggulirkan Liga 1 tanpa penonton. Menpora Zainudin Amali membeberkan sejumlah alasan Liga 1 harus dilanjutkan.

“Kompetisi ini sangat dibutuhkan oleh Tim Nasional kita karena kita tahu bahwa kita sebentar lagi akan menghadapi AFF, kita akan main di Piala AFF. Kemudian yang kedua, persiapan kita menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, FIFA World Cup Under 20 tahun 2023,” ujar Zainudin di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (5/12).

Dia mengatakan, saat ini pemain timnas tengah dalam pelatihan intens oleh Shin Tae-Yong (STY). Namun, menurut Zainudin, tidak memungkinkan hanya dilakukan pelatihan tanpa kompetisi.

Sebelumnya diberitakan, nasib Liga 1 2022/2023 telah menemui jawaban. Pihak Kepolisian mengeluarkan izin untuk dilanjutkannya kompetisi level tertinggi di Indonesia tersebut.

Mabes Polri telah mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga. Dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa perizinan penyelenggaraan kegiatan olahraga dikeluarkan dari pihak keamanan di level daerah kemudian ke pusat.

Dalam kaitannya dengan kelanjutan putaran pertama Liga 1 2022/2023, pada Jumat malam (2/12), PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mendapatkan surat rekomendasi dari pihak kepolisian.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *